MAKALAH
MEMBUAT BERBAGAI TEKS BERJUDUL,TEKS
TERTULIS DALAM KONTEKS BERMASYARAKAT DENGN MEMILIH KATA, BENTUK KATA, DAN
UNGKAPAN KATA YANG TEPAT.
Nama
Anggota :
1.
I
PUTU DEDE DERIAWAN
(14) X AP2
2.
I
GEDE DEDI JULIARTHA
(15) X AP2
3.
I
NYOMAN DIO ANGGA PUTRA
(16) X AP2
4.
I
GEDE EKA KRISNA MAHENDRA
(17) X AP2
5.
I
WAYAN ERIK HERMAWAN
(19) X AP2
6.
I
NYOMAN GILI MAHENDRA (21) X AP2
7. NI LUH JULI
WIDIANTARI
(22) X AP2
iii
KATA
PENGANTAR
“Om Swastiastu”
Puji
syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena
atas limpahan rahmat dan karunia– Nya lah
sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah Bahasa Indonesia ini
sesuai waktunya.
Kami telah
berusaha menyusun makalah ini dengan harapan dapat
membantu pembaca dalam memahami materi- materi yang
telah kami susun ini, yaitu “Membuat berbagai teks berjudul, teks tertulis
dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan kata
yang tepat.”. Disamping
itu, kami berharap
bahwa Makalah Bahasa Indonesia ini
bisa bermanfaat kepada setiap orang yang membaca makalah yang telah kami buat,
dan dapat di apresiasikan.
Kami menyadari bahwa didalam
pembuatan Makalah Bahasa Indonesia ini
masih ada kekurangan sehingga kami berharap saran dan
kritik dari pembaca sekalian khususnya dari
guru mata pelajaran Bahasa Indonesia agar dapat
meningkatkan mutu dalam penyajian berikutnya.
Sekian
yang bisa kami ucapkan, jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan. Akhir
kata kami ucapkan
terima kasih.
“Om
Shanti,Shanti,Shanti,Om”
Penyusun
iv
BAB
1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Manusia telah mengalami perkembangan
dalam setiap periode waktu yang dilewatinya, peradaban manusia telah mengalami
kemajuan sampai sekarang,dan kemajuan nya pun berkembang pesat. Dari
perkembangan ini kita banyak mengalami kesalahan baik itu dalam pembuatan
langkah-langkah makalah,dan membuat kerangka paragraf ataupun karangan.
Akan tetapi, banyak masyarakat
mengabaikan itu semua. Untuk mengatasi itu semua, maka dari itu kami akan
membahas langkah-langkah pembuatan makalah, dan membuat kerangka paragraf ataupun
karangan.
1.2 Rumusan
Masalah.
1.2.1 apa saja langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam
penyusunan paragraf ?
1.2.2 apa saja langkah-langkah pembuatan dalam
makalah ?
1.2
Tujuan Pembelajaran
1.2.1 memahami unsur-unsur wacana secara komprehentif
berkaitan dengan informasi.
1.2.2 memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam
penyusunan paragraf berkaitan dengan
informasi.
1.2.3 mengidentifikasi kerangka karangan berdasarkan unsur-unsurnya
secara koherensif berkaitan dengan informasi.
v
Daftar Isi
Kata
penghantar ………………………………………………… iii
Pendahuluan …………………………………………….…… iv
Daftar isi …………………………………..……………. v
Pembahasan
………………………………………………… 01-03
Kesimpulan ………………………………………………… 04
Daftar
pusaka ………………………………………………… 05
1
Bab 2
Pembahasan
Untuk
berlatih membuat teks tertulis atau karangan dapat diawali dengan berlatih
menulis paragraf. Setelah paragraf-paragraf tersusun, barulah kita mulai
menggabung-gabungkan paragraf menjadi wacana. Langkah-langkah yang dapat
ditempuh dalam penyusunan paragraf sebagai berikut :
1. Menetapkan topik
berdasarkan tema tertentu
Penentuan topik karangan
disesuaikan dengan jenis karangan yang dibuat, baik itu narasi, deskripsi,
eksposisi, argumentasi, maupun persuasi. Tidak setiap topik dapat dikembangkan
menjadi berbagai jenis karangan dan disetiap karangan juga mempunyai karakter
yang berbeda. Sumber topik dapat dicari dari pengalaman, pengamatan, dan daya
khayal.
2. Merumuskan tema
Dalam merumuskan tema kita
juga harus memperhatikan ciri-ciri rumusan tema yang akan dijadikan pedoman.
Berikut ciri-ciri rumusan tema tersebut :
a.
Pengembangan
tema yang terarah .
b.
Dirumusan
dalam kalimat yang jelas.
c.
Tema
yang dirumuskan mengandung unsur kebenaran .
3. Membuat kerangka karangan
Dalam menyusun
kerangka karangan paragraf kita harus memperhatikan hal-hal berikut :
a. Fungsi karangan
Ø Memudahkan penyusunan
karangan sehingga menjadi lebih teratur
Ø Menghindari timbulnya
pengulangan pembahasan
Ø Membantu pengumpulan data
b. Syarat karangan
Ø Mengungkapkan maksud yang
jelas
Ø Disusun secara logis dan
sistematis
Ø Memerlukan penggunaan
simbol yang konsisten
4. Mengumpulkan bahan
Bahan dapat dicari
dalam berbagai sumber, seperti dari buku,
surat kabar, daya khayal, dan sebagainya.
2
5.
Mengembangkan keragka menjadi
paragraf/karangan
Paragraf merupakan karangan singkat yang berisi sebuah
pikiran dengan himpunan kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk sebuah
gagasan.
a.
Kesatuan yang berarti semua kalimat yang
membangun paragraf harus mengacu pada satu tema atau satu pikiran.
b.
Koherensi yang berarti semua kalimat yang
membangun sebuah paragraf harus saling
berhubungan.
c.
Perincian dan urutan pikiran yang berarti
sebuah pikiran utama harus dikembangkan menjadi paragraf, lalu dihubungkan
dengan pargraf-paragraf lain yang berisi pikiran penjelas.
Dalam berlatih membuat paragraf, kita harus memperhatikan
beberapa hal,yaitu:
1.
Kalimat utama yaitu kalimat ide yang hendak
dikembangkan menjadi kalimat yang utuh.
2.
Kalimat penjelas yaitu kalimat yang digunakan
untuk menjelaskan kalimat utama.
3.
Koherensi yaitu penanda hubungan antara
kalimat yang satu dengan kalimat yang lain.
4.
Penggunaan
tanda baca, seperti titi, koma, titik koma,pemakaian huruf kapital,
pemakaian huruf miring, dan lain-lain.
Contoh
Makalah
1. Halaman Judul
Makalah
Judul makalah.
Kata pengantar disini berisi ucapan
terima kasih kepada pihak-pihak yang telah terkait dengan pembuatan makalah tersebut.
3. Daftar Isi
Daftar isi ini berisi halaman-halaman yang
ada dalam makalah sehingga pembaca akan mudah mencari isi dari makalah tersebut.
3
4. Daftar Gambar
dan Tabel
Daftar gambar dan tabel tersebut merupakan
halaman yang hampir sama dengan daftar isi hanya bedanya berisi daftar tabel
dan gambar yang ada pada makalah.
5. Tubuh Makalah
Tubuh makalah ini adalah isi dari makalah.
Nah dalam tubuh ini ada beberapa bab yang menjadi inti dari makalah,
diantaranya adalah :
Tubuh Makalah :
a. Pendahuluan
Dalam Bab Pendahuluan ini memuat latar
belakang masalah yang akan diangkat, ruang lingkup, maksud dan tujuan penulisan
makalah.
b. Pembahasan
Dalam pembahasan ini memuat tentang kajian
materi yang akan dibahas dalam makalah.
c. Penutup
Penutup yang berisi tentang kesimpulan dari
keseluruhan makalah serta kritik dan saran dari penulis mungkin
masih ada kekurangan dalam penulisan makalah.
d. Daftar Pustaka
Daftar Pustaka ini berisi daftar buku yang
digunakan dalam pembuatan makalah
ini. misalnya : Santrock. J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan
Remaja.(edisi keenam) Jakarta: Erlangga.
e. Lampiran
Apabila
ada data-data yang menjadi pendukung dalam makalah bisa disertakan pada halaman
ini yaitu lampiran.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dalam tataran morfologi, terdapat
tigkatan-tingkatan, yaitu kata, frasa, kalimat, paragraf, dan wacana. Dalam
penyimpulan ini , pembuatan paragraf/karangan maupun makalah harus mengikuti
langkah-langkah untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan untuk mengapresiasikan
pelajaran ini dalam proses pembuatan tersebut yang bisa di jadikan contoh ke
orang lain.
5
DAFTAR
PUSAKA
Aminuddin. 19 5. PengantarPengantar Studi tentang Maknang
Makna. Bandung: Sinar Baru.
Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
PN Balai Pustaka.
Keraf, Gorys. 19 1. Eksposisi dan Deskripsi. Ende
Flores: Nusa Indah.
Wiyanto,
Asul.2006. Terampil Pidato. Jakarta: Grasindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar